Tinggalkan pesan anda disini :



Partai Demokrat Berkuasa 40 Tahun ke Depan

International


Partai Demokrat Berkuasa 40 Tahun ke Depan
Kamis, 14 Mei 2009 - 14:31 wib TEXT SIZE : Anton Suhartono - Okezone
James Carville/AP WASHINGTON - Politisi senior Amerika Serikat yang menjadi aktor di balik sukses Bill Clinton menjadi presiden, James Carville, memprediksikan Partai Demokrat akan mendominasi perpolitikan di Amerika Serikat untuk 40 tahun ke depan.

Carville mengatakan, kemenangan Demokrat tahun lalu menunjukkan kesetiaan masyarakat AS yang akan bertahan lama. Menurutnya, Demokrat berhasil mempelajari pola pemilih serta membaca keinginan masyarakat. Sebaliknya Demokrat juga berhasil meredam ambisi konservatif Republik yang didengungkan George W Bush.

"Jika Republik tidak berhasil membuat kesepakatan dengan kondisi pemililih, ini akan menjadi, sangat, sangat buruk bagi mereka," kata Carville seperti dikutip Telegraph.co.uk, Kamis (14/5/2009).

Pandangannya Carville itu dituangkan dalam sebuah buku berjudul, "40 More Years; How the Democrats Will Rule the Next Generation".

Dalam buku itu dia juga menuliskan pernyataan yang mengkritik kubu Republik. "Republik seharusnya khawatir. Mereka dalam kondisi yang sakit. Brand Republik saat ini merupakan yang terburuk sepanjang sejarah."

"Dibutuhkan waktu yang panjang saat satu partai mencapai masa jayanya. Anda tidak akan pernah menang. Demokrat tidak akan memenangkan setiap pemilu. Namun perubahan dinamika masyarakat selama 40 tahun ke depan akan memberi keuntungan tersendiri bagi Demokrat," katanya.

Pada 1896 hingga 1932, presiden dari Demokrat hanya sekali terpilih. Dari 1932 hingga 1968, hanya satu presiden moderat dari Republik, Eisenhower. Sejak 1968, Republik secara umum sudah goyah.

Sejak dekade pertama abad 21, pemilih muda mulai menunjukkan kecenderungan ke Demokrat. Dukungan kaum muda merupakan keuntungan tersendiri.

Populasi keturunan Amerika Latin dan kulit hitam tumbuh dengan pesat. Situasi ini benar-benar dimanfaatkan Demokrat. Sementara kulit putih dan Kristen yang diandalkan Republik, semakin berkurang dalam 40 tahun terakhir. "Ini merupakan kondisi yang belum pernah kita lihat sebelumnya," kata Carville.(ton)

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terikini lewat http://m.okezone.com Berita Terkait: amerika
Partai Demokrat Berkuasa 40 Tahun ke Depan
Eks Pejabat Militer AS Bocorkan Rahasia Negara ke China
Obama Akan Kunjungi Rusia
AS Tak Ingin Mengubah Rezim Pemerintahan Iran
AS-Israel Beda Sikap Soal Palestina
Tentara AS Bagikan Injil kepada Warga Afghanistan?
AS Harus Dialog dengan Hamas Jika Ingin Timur Tengah Damai
Inilah 13 Negara Bermasalah dalam Kebebasan Beragama Versi AS
Siksa Tahanan Teroris, George W Bush Tak Bersalah
Washington Fokus ke Pakistan

0 Response to "Partai Demokrat Berkuasa 40 Tahun ke Depan"

Slide

Powered by Blogger | Converted by Marson