Tinggalkan pesan anda disini :



Bahasa Kantoran..bisa bikin bete

Kalo kata JAMRUD...karena terlalu banyak GAUL ama TURIS, jadi hobinya > ngomong yang inggris-inggris, biar pusing asaal BRITISHHH.......... He he he biar gaul dikit deeh...


>> ASAP> Singkatan dari As Soon As Possible, biasanya dipakai oleh atasan yang > minta laporan dari bawahannya. Paling males dapet email yang subjectnya > ASAP pake huruf gede. Biasanya laporan ini sifatnya dadakan bgt. > Celakanya, bagi bawahan, laporan inilah yg biasanya paling lama dicuekin, > alias gak diduga2 kalo sewaktu2 bos minta, walhasil..JEBRET! Lembur sampe > pagi!


>> TENTATIVE> Kata sakti yang biasanya dipakai untuk menjelaskan sesuatu di masa depan > yang kurang jelas menjadi lebih gak jelas. Apalagi kalo dalam suasana > meeting yang udah sangat gak produktif dan super ngebosenin, kalo bisa > semua keputusan bersifat tentative. Yang penting cepet pulang.


>> MEETING> Harusnya sih RAPAT dalam EYD. Tapi mo gimana lagi? Dah bekennya begitu, > kalo bilang rapat, kesannya mo ke pak RT atau pak Lurah aja.


>> TARUH DI MEJA SAYA> Salah satu dari sedikit kalimat berbahasa Indonesia yang dapat mewakili > status si pengucapnya. Biasanya kalimat ini diucapkan oleh : Owner kepada > Direktur. Direktur kepada GM. GM kepada Manager. Manager kepada > Supervisor. Supervisor kepada Staff . Staff kepada OB dan terakhir OB > kepada tukang bubur ayam. Kebayang kan ? Betapa susahnya kalo sang owner > mo sarapan bubur?


>> AFTER LUNCH> Untuk menunjukan waktu yang HARUSnya jam 1 siang, tapi biasanya kalimat > ini dipakai kalo janjian dengan level sesama manager atau diatasnya. Kalau > masih janjian sesama staff or supervisor mah simple aja “Abis makan deh” > atau “Makan dolo bro, baru kita sambung” Note : Setinggi2nya level anda, > jangan sampai bilang “Makan dolo bro.” ke owner.


>> COFFE BREAK> Kebiasaan para pegawai malas yang tidak produktif. Sering dilakukan oleh > bos atau para staff. Bos punya jadwal coffe break maksimal cuma 2 kali > sehari dan melakukannya di ruangan sendiri. Nah, kalau staff sering > mencoba melakukan gerilya coffe break sesering mungkin di pantry, kantin > atau smoking room. Dan sering panik kalau bos tiba2 memanggil. Ketika > ditanya kemana, alesannya kreatif sekali. Fotokopi lah, ngejilid lah, > toilet lah sampai alesan minta data dari komputer temen, gara2 YM-nya lagi > trouble.


>> LEGALITAS> Campuran Indonesia-Inggris yang menunjukan keadaan pekerjaan yang sudah > sampai ke level menengah keatas. Biasanya kata ini terucap ketika hasil > atau proses produksi perusahaan tersandung sengketa. Heran, kenapa selalu > kesebut kalo lagi kisruh ya? Contoh kalimat favorit “Kok bisa begitu? > Legalitasnya kan sudah OK semua! Apa? Dia ngajak bawah tangan? Kuliah di > mana sih tu orang?”


>> OVERTIME> Bahasa Indonesianya Lembur. Tapi somehow, overtime lebih keren. Soalnya > kalo lembur kayak OB & Driver.>> 13th SALARY / BONUS> I love this sentence / word. Kalau nggak mengundang uang, seenggaknya > mengundang kehebohan dalam kebersamaan. Dimana divisi2 yang tadinya > bermusuhan & berseteru, tiba2 bersatu padu dalam kekompakan nan mengharu > biru.


>> BREAKFAS/LUNCH/ DINNER MEETING> Kalau owner atau direktur yang melakukannya, terbukti efisien dan tepat > guna. Kalau manager yang melakukannya terbukti menjadi alesan ulur2 jam > istirahat dan pemborosan budget perusahaan, sementara hasilnya tetep > gantung. Kalau perlu melebar ke shopping meeting, karaoke meeting atau > outbound meeting (biasanya ke Puncak.. Sukur2 Bali )


>> ENTERTAINMENT> Hampir sejenis dengan penjelasan diatas. Bedanya produk yang dihasilkan > berupa New Project atau sekedar ucapan terima kasih. Namun buntutnya lebih > panjang, apalagi menyangkut new project. Budget yang disediakan pun lebih > besar. Biasanya dilakukan oleh pimpro. Jenis entertaint juga bermacam2 > tergantung sifat pimpro-nya. Ada yang cuma sekedar dinner, karaoke malah > sampai ke meja panti pijat plus plus di sekitar Fatmawati, Melawai atau > daerah Kota & MangBes. Dengan satu tujuan mulia : Yang penting proyek > jebol.


>> OUTING / OUTBOUND> Inisiatif management perusahaan dalam me-re-fresh karyawannya. Dengan > tujuan agar lebih bugar dan kompak menghadapi masalah2 di kantor. > Sementara terkadang para karyawan mendapat hasil yang jauh lebih maksimal > dari pada sekedar bugar. Affair. Moment jo. Moment.>> 925 (NINE TO FIVE)> The International Office Hours. Bedanya, di negara maju dengan 925 bisa > mencapai hasil yang maksimal, kalau di Indonesia 825 pun harus dibumbui > overtime, dengan catatan gak janji beres ya.


>> 24/7 (TWENTY FOUR SEVEN)> 24 jam sehari 7 hari seminggu. Kalimat sakti para bos untuk mengintimidasi > tangan kanannya, dengan diiming-imingi bonus yang masih berada di gray > area (baca : Kerja rodi dulu, bonus belom tentu, tergantung jebolan > proyek)


>> PANTRY> Seharusnya sih tempat persiapan para OB untuk bikin kopi, nyiapin sarapan > dan sejenisnya. Tapi sesuai kebutuhan dan kreatifitas daya khayal > karyawan, ruangan ini bisa menjadi multifungsi sebagai smoking room, > gossip room, breast pump room, dan room2 bagi komunitas underground > lainnya. Pokoknya dari semua ruangan, pantry adalah ruangan paling top!


>> OB (OFFICE BOY)> Para malaikat penyelamat. Pahlawan tanpa tanda jasa. Percayalah, bila tak > ada OB , niscaya hancur seluruh kegiatan ekonomi perusahaan. Telepon boleh > mati. Fax boleh rusak. Tapi kalo OB sakit? Stress menghinggapi seluruh > kantor.


>> MESANGGER> Teman seperjuangan OB. nasibnya-nya kurleb sama dengan OB. Tapi bedanya > mesangger lebih mobile karena tugasnya mengantarkan dokumen2 penting. > Pekerjaan nan mulia sungguh. Walau terkadang jadi korban tangan2 karyawan > jahil yang ingin menitipkan kado ke pacar yg letak kantornya (sangat amat) > berjauhan.


>> JOBDESC> Stands for Job Description. Detail pekerjaan karyawan yang dituang dalam > kontrak kerja. 80% dari JobDesc biasanya dianggap sepele dan dicuekin.. > Sebaliknya, apabila gaji dipotong 80% malah akan menjadi bencana & > malapetaka.


>> TOILET> Selain tempat buang hajat n dandan, toilet bisa menjadi ruangan pemersatu > umat. Dimana sekali seminggu, sebulan, setahun atau bahkan seumur hidup si > kasta rendah bisa berada satu ruangan dengan si kasta agung (kalo > beruntung malah dalam keadaan celana melorot, dasi kena kencing, kolor > longgar, lagi ngeden, bau kentut dsb)


>> YM-an> Sejatinya, YM bisa berguna sebagai data transfer device yang sangat > effisien tanpa harus melibatkan kehadiran flash disc. Namun ditangan2 > orang yg tidak bertanggung jawab, alat ini berubah fungsi menjadi tempat > pembicaraan kaum underground mengenai bentuk muka si bos yang aneh, > ketidak puasan kebijakan management, sampai janji kencan after work antar > oknum lain divisi.


>> SOUNDING> Istilah untuk pemberitahuan sesuatu yang harus di-up-dated kepada divisi2 > yg bersangkutan. Walopun harusnya bersifat tulisan dan resmi, namun di > tangan karyawan kebanyakan, sounding selalu bersifat verbal / oral > Sehingga pada akhirnya yang terjadi buka up dated yang didapat melainkan > word up atau malah fist up…(baca : tuduh2an / lempar2an) alamakjan.


>> CC & REPLY ALL> Istilah email yang selalu jadi bahan pembelaan nomor satu apabila proses > sounding menjadi kisruh. Berdoa aja emailnya beneran nyampe, bukan maeler > daemon atau lebih parah lagi masih ada di draft folder, hehehe.


>> MAN BEHIND THE DESK / ORANG KANTORAN> Ledekan para tenaga operasional lapangan kepada karyawan administrasi, > apalagi yang berdasi. Namun karyawan adminstrasi menyikapi dengan bijak, > berupa keputusan tahan gaji, memotong uang lembur atau penyulitan > administrasi kasbon dan cuti. Dengan alasan cerdas yang bersifat sangat > teknis nan membingungkan tentunya.


>> AFFAIR> Bahasa indonesianya : SELINGKUH artinya (some might says) SELingan INdah > KeluarGa UtuH. Salah satu dari sangat sedikit hal yang membuat semangat > datang ke kantor.


>> FOLLOW UP> Kegiatan yang paling enak diucapin namun paling males dilakuin.


>> CONCERN> Bentuknya macem2 ada Tax Concern, Managemet Concern. Salary Concern, > Employees Concern Namun apapun dan bagaimanapun bentuknya, concern2an ini > pasti berujung dengan meeting nan membosankan yang sangat menguras waktu > dan tenaga.>> KASBON> Selamat hari ini. Celaka hari esok.


>> REIMBURSEMENT> Kata benda yang sangat diharap2kan kehadirannya oleh karyawan. Terutama > bagi karyawan yang sangat mengabdi pada perusahaan. Karena bagi lidah > orang Indonesia kata ini sangant sulit dilafalkan, maka dapat disingkat > menjadi rembes atau rembesan. Contoh :


>> “Eh cuy, rembesan gw dah keluar belom?> “Belom nih cong, masih nyangkut di plafon”> “Dipercepat dong. Bokek nih”> “Beres. Jangan lupa traktirannya ya. Udah gw bantuin nih. Lo kan tau si > bos paling lama soal begituan”


>> Jadi, reimbursement juga dapat menjadi semacam pungutan liar bagi bagian > keuangan.>> I HATE MONDAY> Terucap seminggu sekali. Biasanya di Senin pagi pukul 6. Hidup terasa > berat & membosankan. Apalagi kalau pekerjaan menumpuk & jadwal meeting yg > padat ada di depan mata.


>> MIDWEEK MADNESS> Ngambil istilah dari acara Rock MTV tahun 90-an. Saking annoyingnya gw > males ngejelasinnya. Pokoknya pasti pada ngarti dah ya.


>> THANKS GOD IT’S FRIDAY> Hari dimana 925 sama sekali gak berlaku. Istirahat 2 jam, dengan alasan > solat jumat. Padahal malah ngelayap ke Gramedia / Gunung Agung. Karyawan > wanitapun gak mo kalah dengan merayakan jumat siang dengan shopping dan > makan siang di ujung dunia. Kayaknya bahagiaaaaa bgt!


>> ANNUAL LEAVE> Sesuat yang lebih ditunggu2 kehadirannya. Saking kreatifnya, karyawan bisa > mengatur jadwal cutinya sesuai dengan keluarnya bonus sekaligus ketika pas > kejadian proyek lagi ribet2nya. Hebat…hebat…


>> LONG WEEKEND> Gak ada kata yg tepat untuk mendeskripsikan kalimat ini kecuali : Anugerah > Yang Terindah Yang Pernah Kumiliki by Sheila on Seven

0 Response to "Bahasa Kantoran..bisa bikin bete"

Slide

Powered by Blogger | Converted by Marson